Pengaturan Memori pada Windows XP

Virtual memory adalah area memori imajiner yang membuat komputer bertindak seperti itu memiliki lebih banyak memori (RAM) daripada yang sebenarnya. Virtual memory diimplementasikan menggunakan paging file atau swap file, yang umumnya terletak di C: drive. Anda dapat mengatur ukuran file ini secara manual jika Anda ingin atau Anda dapat menerima default.

Jika RAM telah penuh maka Windows akan mengirim data dan kode yang bertukar bolak-balik yang diperlukan.
Jumlah maksimum memori yang dapat didukung pada Windows XP Professional dan Windows Server 2003 juga 4 GB. Namun, Windows Server 2003, Enterprise Edition mendukung 32 GB RAM fisik dan Windows Server 2003, Datacenter Edition mendukung 64 GB RAM fisik menggunakan fitur PAE .
Ruang alamat virtual dari proses dan aplikasi masih terbatas sampai 2 GB kecuali 3GB switch / digunakan pada file Boot. Ketika RAM fisik dalam sistem melebihi 16 GB dan switch / 3GB digunakan, sistem operasi akan mengabaikan tambahan RAM sampai switch / 3GB dihapus. Hal ini disebabkan karena peningkatan ukuran kernel yang dibutuhkan untuk mendukung lebih Halaman Tabel Entries. Asumsi yang dibuat bahwa administrator tidak ingin kehilangan fungsionalitas / 3GB diam-diam dan secara otomatis, karena itu, ini memerlukan administrator untuk mengubah pengaturan ini secara eksplisit.
The 3GB switch / 3 GB mengalokasikan ruang alamat virtual untuk sebuah aplikasi yang menggunakan IMAGE_FILE_LARGE_ADDRESS_AWARE di header proses. Pilihan ini memungkinkan aplikasi ke alamat 1 GB tambahan ruang alamat virtual di atas 2 GB.
Ruang alamat virtual dari proses dan aplikasi masih terbatas sampai 2 GB, kecuali 3GB switch / digunakan pada file Boot.ini.
PAE adalah memori yang disediakan Intel alamat ekstensi yang memungkinkan dukungan hingga 64 GB dari memori fisik untuk aplikasi yang berjalan di paling-bit 32 (IA-32) Intel Pentium Pro dan kemudian platform. Dukungan untuk PAE disediakan di bawah Windows 2000 dan versi 32-bit Windows XP dan Windows Server 2003. versi 64-bit Windows tidak mendukung PAE.
PAE memungkinkan IA-32 terbaru prosesor untuk memperluas jumlah bit yang dapat digunakan untuk alamat memori fisik dari 32 bit sampai 36 bit melalui dukungan dalam host sistem operasi untuk aplikasi menggunakan Alamat Windowing Extensions (AWE) antarmuka pemrograman aplikasi ( API).
Dapat juga dilakukan dengan mengatur penjadwalan prosesor, jika komputer digunakan sebagai workstation maka dapat meningkatkan kinerja dengan lebih banyak memori untuk program.
Program akan bekerja lebih cepat dari sebelumnya dan ukuran cache tetap berukuran standar yang disertakan Windows XP. Atau bila komputer digunakan sebagai server maka harus meberikan ruang cache yang lebih besar.


Cara Setting Virtual Memory Windows XP
Salah satu cara untuk meningkatkan kinerja komputer adalah dengan menaikkan virtual memory yang ada pada komputer kita. Virtual memory adalah memory tambahan yang diambil dari free space hardisk kita. Berikut ini cara setting virtual memory :
1.Klik kanan My Computer lalu pilih Properties
2. Setelah masuk system properties pilih tab advance, lalu klik tombol setting pada kolom performance
3. Setelah masuk performance option pilih tab advance lagi, lalu pilih change pada kolom virtual memory
4. Kemudian ubah angka pada initial size menjadi 2 atau 3 kali lipat ukuran RAM yang sebenarnya (physical RAM) , maximal yang dianjurkan 3 kali lipat.
5. Jika sudah, klik tombol set lalu tekan tombol OK kemudian restrat komputer


sumber:
http://rkomp.wordpress.com/2010/02/18/cara-setting-virtual-memory-windows-xp/
http://support.microsoft.com/kb/308417
http://www.microsoft.com/whdc/system/platform/server/PAE/PAEmem.mspx
0 Responses