Motherboard


Motherboard adalah pusat printed circuit board (PCB) dalam modern komputer dan memiliki banyak komponen penting dari sistem, sambil menyediakan konektor untuk perangkat lain. Motherboard kadang-kadang alternatif dikenal sebagai papan utama, papan sistem, atau, pada Apple komputer, dewan logika

Sebelum munculnya mikroprosesor , komputer biasanya dibangun dalam kandang-kasus kartu atau mainframe dengan komponen yang terhubung dengan backplane terdiri dari satu set slot sendiri terhubung dengan kabel, dalam desain yang sangat tua itu koneksi kabel konektor terpisah antara kartu pin, tapi papan sirkuit tercetak segera menjadi praktek standar.

Selama 1980-an dan 1990-an, menjadi ekonomis untuk memindahkan semakin banyak fungsi perangkat ke motherboard Pada akhir 1980-an, motherboard mulai memasukkan IC tunggal (disebut Super I / O chip) yang mampu mendukung satu set kecepatan rendah periferal: keyboard , mouse , floppy disk drive , port serial , dan port paralel. Pada akhir 1990-an, banyak didukung motherboard komputer pribadi yang lengkap audio, video, penyimpanan, dan fungsi jaringan tanpa perlu untuk setiap kartu ekspansi sama sekali;-akhir sistem yang lebih tinggi untuk 3D gaming dan grafis komputer biasanya hanya memiliki kartu grafis sebagai komponen terpisah.

Perintis awal manufaktur motherboard yang Micronics , Mylex , AMI , DTK , Hauppauge , Orchid Technology , Elitegroup , DFI , dan sejumlah produsen berbasis Taiwan.

Favorit kebanyakan komputer seperti Apple II dan IBM PC telah menerbitkan skema diagram dan dokumentasi lainnya yang diizinkan cepat reverse-engineering dan pihak ketiga motherboard pengganti. Biasanya dimaksudkan untuk membangun komputer baru yang kompatibel dengan eksemplar, motherboard performa yang ditawarkan atau fitur tambahan lainnya dan digunakan untuk meng-upgrade peralatan asli produsen.

Istilah ini mainboard archaically diterapkan pada perangkat dengan papan tunggal dan tidak ada ekspansi tambahan atau kemampuan. Dalam istilah modern ini akan mencakup embedded system dan papan pengendali di televisi, mesin cuci, dll motherboard khusus mengacu ke sirkuit dicetak dengan kemampuan untuk menambah / memperpanjang kinerjanya.

sumber: http://en.wikipedia.org/wiki/Motherboard
0 Responses