Teknologi Wireless

Teknologi wireless adalah teknologi yang tidak menggunakan kabel atau biasa yang disebut nirkabel. Teknologi wireless menggunakan udara sebagai media transmisi atau perantara untuk melakukan pertukaran data. Meskipun demikian tetap ada batasan jarak tertentu seberapa jauh peralatan yang menggunakan teknologi wireless dapat saling berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya.
Infra red atau IrDa (Infra Red Data Access) dan bluetooth yang biasanya dijadikan sebagai feature pada perangkat ponsel adaah salah satu contoh teknologi wireless dengan jangkauan jarak tidak terlalu jauh. Karena mampu menggantikan keberadaaan kabel, teknologi wireless juga dapat diterapkan pada sebuah jaringan komputer konvensional yang biasanya menggunakan kabel UTP. Dalam hal ini kita mengenal Wireless Local Area Network (WLAN).
Penggunaan teknologi wireless tidak hanya diterapkan pada dunia komputer saja, tetapi juga pada bidang-bidang lain seperti bidang telekomunikasi. Mungkin anda sudah tidak asing dengan kata GSM, CDMA, GPRS, EDGE, WCDMA, atau HSDPA pada ponsel atau PDA yang kesemuanya hadir untuk menggantikan peran kabel pada pesawat telepon PSTN dirumah anda. Kaidah atau aturan untuk menghubungkan unsur-unsur penyusun jaringan atau dikenal dengan istilah topologi pada jaringan wireless terdiri atas:
Topologi Ad-Hoc
Dalam topologi ini komputer dihubungkan secara langsung tanpa melalui perantara atau lebih mudahnya topologi ini mirip dengan model koneksi peer to perr pada jaringan konvensional.
Topologi Infrastruktur
Komunikasi antar client anggota jaringan dalam topologi ini dijembatani oleh alat yang bernama access point.

sumber: http://id.wikipedia.org/wiki/Tekhnologi_wireless
0 Responses